Minggu, 15 Juni 2014

Ibadah Utama pada Bulan Mulia



Ibadah Utama pada Bulan Mulia

Hai sekalian orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu puasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang yang terdahulu dari kamu supaya kamu bertaqwa." (Q.S. Al-Baqarah: 183)
Dalam bulan Ramadhan itu diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk untuk manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang haq dan yang bathil). Barangsiapa yang menyaksikan bulan Ramadhan, hendaklah berpuasa ...." (Q.S. Al-Baqarah: 185)

1. Pengantar
Puji syukur kita panjatkan kehadhirat Illahi Rabbi yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu lagi dengan tamu agung. Tamu itu adalah bulan suci Ramadhan, ratu segala bulan. Bulan Ramadlan penuh dengan pengampunan dan keberkahan. Bulan Ramadhan adalah bulan saat pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan para iblis dirantai. Berpuasa pada bulan Ramadhan yang hanya diperuntukkan bagi Allah ini merupakan seperempat dari iman dan merupakan separuh dari keseluruhan tindakan sabar manusia. Allahpun menjajikan untuk bertemu dengan orang yang berpuasa di Syurga. (Hadist-hadist riwayat Bukhari dan Muslim dan riwayat Ahmad, Nasa'i, dan Baihaqi dari Abu Hurairah).
Marilah kita ucapkan selamat datang kepada bulan Ramadlan, kita muliakan, dan kita sambut sebaik-baiknya dengan melaksanakan ibadah puasa disertati dengan perbuatan-perbuatan baik ('amalus shalih) lainnya. Untuk membantu kita memahami makna, hakekat dan hikmah serta pelaksanaan ibadah puasa, dibawah ini disampaikan uraian ringkas tentang ibadah puasa. Uraian itu akan meliputi makna dan hikmah puasa, tingkatan puasa, orang-orang yang diwajibkan berpuasa dan aturan bagi yang berhalangan, perbuatan yang diharuskan (rukun) dalam puasa serta perbuatan yang membatalkan puasa dan tebusannya, perbuatan yang dianjurkan (sunnah) dalam puasa, perbuatan yang dibolehkan (mubah) dalam puasa, dan lailatul qadr.

2. Makna dan Hikmah Puasa Puasa
(siyam) adalah menahan diri dari makan, minum, dan melakukan kegiatan seksual, serta hal-hal lain sejenis itu dari sejak fajar sampai maghrib dengan niat mencari ridha Allah. (Sabiq 1991dan Farid 1996). Berpuasa bukanlah bertapa, bukan pula suatu tindakan penolakan diri terhadap keduniaan dan kehidupan (asceticism) dengan beranggapan bahwa keduniaan dan kehidupan itu hina dan menyesatkan. Sesungguhnya keduniaan dan kehidupan itu tidak boleh dihindari karena kedua hal itu adalah ciptaan Allah. Dia menjadikan dunia sebagai tempat singgah sementara manusia dan mencipatkan kehidupan manusia sebagai wahana perjuangan manusia dan sarana menguji manusia. Nabi Muhammad saw sendiri hidup di dunia dan menyumbangkan sesuatu yang sangat berharga bagi manusia dan alam.
Puasa adalah latihan untuk menguasai diri. Naluri-naluri terhadap makanan dan seks merupakan dasar kehidupan. Naluri-naluri atau hawa nafsu tersebut merupakan penggerak utama dan pamungkas yang dipunyai manusia. Demi untuk mengejar makanan dan seks sebagai tujuan utama, waktu dan tenaga kita curahkan. Apabila kita memperturutkan naluri-naluri itu maka kita dikuasai oleh hawa nafsu itu dan kitapun tak beda dengan hewan atau bahkan lebih rendah lagi yang dapat mengakibatkan hancurnya tata kehidupan. Puasa mencegah penguasaan hawa nafsu terhadap diri kita dan memungkinkan kita menguasai hawa nafsu sehingga hawa nafsu kita terkendali. Puasa tidak menolak naluri makan dan berhubungan seks secara berkelanjutan dan untuk seterusnya, melainkan hanya selama bulan Ramadhan, satu bulan dalam satu tahun, dan hanya dari fajar sampai maghrib. Dengan cara menolak dan memenuhi, menolak dan memenuhi, dan seterusnya, setiap hari selama bulan Ramadlan, kita dapat menguasai dan mengendalikan hawa nafsu, yang berarti juga menguasai dan egendalikan diri kita. Orang yang berpuasa pun bergembira setiap berbuka puasa di saat maghrib dan saat akhir bulan Ramadlan. Setiap maghrib di bulan puasa dan di kahir bulan Ramadlan orang yang berpuasa merayakan kemenganan atas diri sendiri.
Lebih lanjut, puasa merupakan tindakan turut merasakan kelaparan dan penderitaan orang-orang fakir dan miskin sehingga timbul perasaan simpati dan keinginan untuk menolong mereka. Pertolongan itu diwujudkan dalam bentuk pemberian zakat, shadaqah, dan infaq kepada mereka serta perhatian yang bersifat menolong pihak yang lemah.
Singkatnya, puasa memberikan pengaruh positif yang sangat besar dan menentukan terhadap pengembangan kepribadian dan kemanusiaan. Pertama, puasa mendisiplinkan diri manusia dan memungkinkan manusia menguasai dan mengendalikan dorongan terkuat dalam diri manusia berupa hawa nafsu. Kedua, puasa mengorientasikan manusia untuk memberi perhatian dan berperilaku yang positif bagi kepentingan ummat dan kemanusiaan. (Rahman 1989).

3. Tingkatan Puasa
Imam Ghazali dalam kitab "Ihya 'Ulumuddin" menggolongkan puasa dalam tiga tingkatan, yaitu puasanya muslim pad umumnya, puasanya muslim pilihan, dan puasa tinggkat tertinggi. Puasanya muslim pada umumnya dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum dan tindakan seksual.
Dalam puasanya muslim pilihan, selain dari hal-hal diatas orang yang berpuasa juga menahan diri dari perbuatan-perbuatan dosa yang dilakukan melalui mata, mulut, telinga, tangan, kaki, dan anggota-anggota tubuh lainnya. Mata dihindarkan dari melihat hal-hal yang maksiat sehingga membuat lupa kepada Allah. Mulut dihindarkan dari membicarakan hal-hal yang tidak berguna, berbohong, menggunjing, memfitnah, menghina, berkata jorok, berkata munafik, berkata yang bermusuhan, dan sejenisnya. Telinga dihindarkan dari mendengar kata-kata jahat seperti diuraikan diatas. Tangan dan kaki dihindarkan dari melakukan tindakan-tindakan dosa. Puasa tingkat tertinggi adalah puasa kedua jenis ditas ditambah dengan puasa pikiran. Orang yang berpuasa jenis ini tidak memikirkan hal-hal yang lain kecuali Allah SWT dan hari akhir. Mereka juga berharap-harap cemas apakah puasanya diterima Allah atau tidak, apakah mereka bisa dekat dengan Allah atau tidak.

4. Orang-orang yang Diwajibkan Berpuasa dan Aturan bagi yang Berhalangan
Berpuasa diwajibkan kepada setiap muslim/muslimah dewasa (baligh) yang sehat akal dan badan, kuat menjalankan puasa, tidak berpergian, dan (bagi muslimah) tidak dalam keadaan haidh atau nifas.
Bagi mereka yang tidak memenuhi kriteria diatas terdapat aturan sebagai berikut. (1) Tidak diwajibkan sama sekali dan tidak wajib menggantinya. Hal ini berlaku bagi non-muslim, belum dewasa, atau orang yang tidak sehat akal. (Hadist riwayat Ahmad dan Hakim dari 'Aisyah). Meski tidak diwajibkan, anak yang belum dewasa sebaiknya didorong untuk berpuasa semampunya agar terlatih dan menjadi biasa. (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Rabi'a bint Mu'awiyyah).
(2) Haram puasa dan wajib menggantinya dengan puasa puasa pada hari-hari yang lain. Hal ini berlaku bagi muslimah yang sedang haidh atau nifas. (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari 'Aisyah).
(3) Boleh berbuka dan wajib menggantinya dengan puasa pada hari-hari yang lain. Hal ini berlaku bagi orang yang sakit atau dalam perjalanan. (Q.S. Al-Baqarah: 184).
(4) Boleh berbuka dan wajib menggantinya dengan membayar fidyah berupa memberi makan fakir miskin tiap satu hari satu orang, dengan kualitas makan yang biasa dimakan selama satu hari.. Hal ini berlaku bagi orang yang tidak kuat sama sekali berpuasa seperti karena terlalu lanjut usia atau orang yang bekerja dalam kondisi lingkungan kerja yang sangat keras sehingga tidak sanggup untuk berpuasa. (Q.S. Al-Baqarah: 185 dan hadist riwayat Bukhari dari Ibn 'Abbas).
(5) Boleh berbuka dan wajib menggantinya dengan puasa pada hari-hari yang lain atau membayar fidyah. Hal ini berlaku bagi muslimah yang sedang hamil atau menyusui. (Q.S. Al-Baqarah: 184 dan hadist riwayat Abu Dawud dari Ibn 'Abbas).

5. Perbuatan yang Diharuskan (Rukun) dalam Puasa serta Perbuatan yang Membatalkan Puasa dan Tebusannya

Rukun puasa meliputi :
(1) Berniat dalam dalam hati untuk berpuasa karena Allah. Niat ini dilakukan setiap malam. Satu kali niat untuk satu bulan tidak cukup.
(2) Menahan diri dari makan, minum, atau memasukkan susuatu kedalam mulut.
(3) Menahan diri dari melakukan tindakan seksual. Perbuatan-perbuatan atau keadaan yang membatalkan puasa meliputi:
(4) Makan dan minum dengan sengaja. Apabila makan dan minumnya karena lupa atau paksaan maka hal itu tidak membatalkan puasa.
(5) Muntah dengan sengaja. Apabila muntahnya tidak sengaja maka hal itu tidak membatalkan puasa.
(6) Berniat berbuka puasa. Sekali berniat berbuka puasa meskipun buka puasa itu tidak dilaksanakan, puasanya batal.
(7) Megalami haid atu nifas.
(8) Keluar air mani karena memeluk atau mencium isteri/suami atau bermasturbasi.
(9) Bersenggama.
(10) Hilang akal.
Tebusan terhadap pebuatan-perbuatan dan keadaaan diatas adalah sebagai berikut. Pelanggaran nomor-nomor (1) sampai dengan (3) dan keadaan nomor (4) wajib ditebus dengan berpuasa di bulan lain sebelum bulan Ramadhan berikutnya datang (qadha puasa). Mengganti puasa tersebut dapat dilakukan pada hari yang berturut atau terpisah. (Hadist riwayat Jama'ah dari Abu Hurairah). Pelanggaran nomor-nomor (5) dan (6) wajib ditebus dengan membayar kifarat (denda) berupa puasa selama 60 hari berturut-turut untuk setiap satu hari pelanggaran. Kalau tidak kuasa dilakukan, denda itu dapat diganti dengan memberi makan 60 orang fakir/miskin. (Hadist riwayat Jama'ah dari Abu Hurairah). Orang yang mengalami keadaan nomor (7) tidak wajib melakukan tebusan.

6. Perbuatan yang Dianjurkan (Sunnah) dalam Puasa Orang yang berpuasa dianjurkan untuk melakukan hal-hal berikut.
Makan sahur. Makan sahur sangat dianjurkan baik dalam bentuk makan besar atau makan kecil atau bahkan hanya minum. Waktu sahur adalah dari tengah malam sampai menjelang fajr. Dianjurkan untuk makan sahur diujung waktu dan berhenti paling lama sekitar 10 menit sebelum fajr (subuh). (Hadist-hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari Al-Miqdam ibn Madyakrib, Abu Sai'd Al-Khudri, Zaid Ibn Thabit, dll).
Menyegerakan berbuka puasa. Buka puasa disegerakan dan didahulukan sebelum sholat maghrib. Dianjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma atau buah-buahan yang lain. Kalau buah-buahan itu tidak ada, buka puasa dilakukan dengan minum air. Makan besar dapat dilakukan setelah sholat maghrib. (Hadist-hadist riwayat Bukhari, Muslim dan At-Turmidzi dari Abu Dawud, Al-Hakim, dll).
Mengajak atau mengundang berbuka puasa pada orang lain yang berpuasa. (Hadist riwayat At-Thurmidzi).
Berdo'a ketika akan berbuka puasa dengan membaca "Allahumma laka shumtu wa'ala rizkika afthartu. Subhanaka wabihamdika. Allahumma taqabbal minni. Innaka antas sami'ul 'alim . Artinya, "Ya Allah kepadaMulah aku berpuasa dan atas rezeki yang Engkau berikan aku berbuka. Maha Suci Engkau dan segala puji untukMu. Ya Allah terimalah 'amalku. Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.." (Hadist riwayat Addaruqutni).
Menahan diri dari tindakan dan perkataan yang tidak bermanfaat. (Hadist riwayat Bukhari dari Abu Hurairah.
Shalat tarawih dan shalat malam yang lain. (Hadist riwayat Muslim dari Abu Hurairah).
I'tikaf yaitu berdiam di mesjid dengan melakukan 'ibadah. (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim). I'tikaf terutama dilakukan pada malam 20 sampai akhir Ramadhan.
Meningkatkan 'ibadah terutama pada malam 20 sampai akhir Ramadhan. (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari 'Aisyah).
Memperbanyak shadakah. (Hadist riwayat At-Turmudzi). (10) Bersikat gigi yang dapat dilakukan kapan saja diantara waktu berpuasa. (Hadist riwayat At-Thurmidzi).

7. Perbuatan-perbuatan yang Dibolehkan (Mubah) dalam Puasa
Orang yang berpuasa diperbolehkan melakukan hal-hal berikut.
Mandi dengan mengguyur atau berendam. Kalau dalam mandi tersebut secara tidak sengaja tertelan air, hal itu tidak membatalkan puasa. (Hadist riwayat Jam'ah dari 'Aisyah).
Meneteskan obat mata ke mata. (Hadist riwayat Jama'ah dari Anas).
Mencium atau memeluk isteri/suami sepanjang dapat mengontrol diri. (Hadist riwayat Jama'ah dari 'Aisyah, Umar, Ibn 'Abbas, dll.).
Melakukan suntikan baik suntikan itu berupa obat atau makanan. (Sabiq 1991).
Berkumur-kumur dan membasuh hidung. Tindakan ini dibolehkan sepanjang diperlukan, seperti untuk kepentingan berwudlu atau membersihkan, tetapi tidak boleh berlebihan. (Hadist riwayat Jama'ah dari Laqit ibn Sabra).
Tertelan air liur, debu, parfum, dan lainnya secara tidak sengaja. (Hadist riwayat Jama'ah dari Ibn 'Abbas).
Makan, minum, dan melakukan hubungan suami isteri pada malam hari hingga sebelum fajr. Keadaan junub hingga fajr tidak membatalkan puasa. (Hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari 'Aisyah).
Muslimah yang mengalami haid atau nifas yang berhenti pada malam hari boleh berpuasa besok harinya tanpa harus mandi (gushul) sebelum fajr, dan mandi itu dapat dilakukan setelah fajr. (Sabiq 1991).

8. Lailatul Qadr
Lailatul qadr yang berarti malam kekuasaan atau kemuliaan merupakan malam termulia. Keistimewaan lailatul qadr adalah sebagai berikut. Pada malam itu (di zaman Nabi Muhammad saw) al-Qur'an diturunkan. Nilai malam itu lebih tinggi dari seribu bulan yang berarti orang yang menjalankan 'ibadah pada malam itu nilai 'ibadahnya lebih tinggi daripada nilai 'ibadah selama seribu bulan. Pada malam itu para malaikat, atas izin Allah, bertebaran diseluruh peloksok bumi. Malam itu penuh keselamatan dan kesejahteraan (Q.S. Al-Qadr). Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan i'tikaf pada malam itu. Para ulama berbeda pendapat kapan waktu persisnya lailatul qadr. Ada yang berpendapat bahwa malam itu terjadi pada setiap tanggal 21 Ramadhan, ada yang bekata tanggal 23, yang lain 25, yang lainnya lagi 27, dan ada juga yang berpendapat tanggal 29. Tetapi pada umumnya berpendapat bahwa malam itu terjadi pada salah satu malam dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. (Sabiq 1991).

Rujukan: Bahreisj, Hussein. 1980. Pedoman Fiqh Islam. Surabaya, Indonesia: Pernerbit Al-Ikhlas. Boukhari, Imam. 1993. Shahih Al-Boukhari. Beirut, Lebanon: Dar El-Fikr. Departemen Agama RI. 1993. Al-qur'an dan Terjemahannya. Jakarta, Indonesia: CV indah Press. Farid, Miftah. 1995. Pokok-pokok Ajaran Islam. Bandung, Indonesia: Penerbit Pustaka. Ghazali, Imam. 1982. Ihya 'Ulumuddin. New Delhi, India: Kitab Bavan. Muslim, Imam. 1993. Shahih Muslim. Beirut, Lebanon: Dar El-Fikr. Rahman, Afzalur. 1994. Muhmmad, Encyclopaedia of Seerah. 2nd ed. London, England: Seerah Foundation London. Sabiq, As-Sayid. 1991. Fiqh us-Sunnah. Indianapolis, IN, USA: American Trust Publication.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar