Jumat, 25 April 2014

HAmil di luar nikah


Oct 23, '07 7:04 PM
for everyone

hare geneee ternyata masih banyak peristiwa kehamilan di luar nikah di kalangan remaja. bahkan di negara maju seperti inggris pun yang informasi tentang alat kb dan lainnya lebih terbuka dan sistematis, peristiwa ini masih sering terjadi dan menjadi masalah sosial juga.
nah, bedanya dengan di sini, pemerintah inggris menyediakan bantuan dana untuk peristiwa seperti ini. sang ibu dan bayinya menjadi tanggungan penuh pemerintah sehingga mereka tidak perlu takut kekurangan gizi dan lainnya. tambahan lagi, pendidikan dasar di sana sepenuhnya gratis sehingga beban seorang single mother yang sangat muda itu bisa berkurang banyak. hal ini tentu menimbulkan efek samping dengan meningkatnya jumlah peristiwa ini karena toh mereka tidak perlu kuatir dengan hal-hal sampingan hamil diluar nikah itu terutama masalah pemeliharaan anak, malah banyak juga yang mengincar santunan tersebut sehingga tujuan awalnya jadi bergeser.
serba salah ya? bagaimana dengan di jakarta? indonesia? pemerintah belum bisa diharap banyak untuk semua hal. sementara hal sejelas pemberantasan korupsi dan sistem peradilan yang kacau saja tidak juga tuntas sampai sekarang apalagi hal seperti ini yang sebenarnya secara kolektif menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup bangsa di masa depan.
sehubungan dengan kekacauan yang terjadi di pemerintah[an] [negara] kita, satu-satunya harapan bagi bangsa kita saat ini adalah masyarakatnya memperkuat sistem sendiri tanpa mengharapkan bantuan pemerintah. kesadaran bersama perlu dikembangkan dan dibentuk menjadi model tindakan sehingga bisa diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya.
pendidikan seks yang baik dan pengenalan alat kb termasuk yang bisa dilakukan oleh masyarakat tanpa bantuan pemerintah. hal ini demi kelanjutan bangsa yang lebih kuat dan bermutu di kemudian hari.
menurut pengamatan saya, seks adalah masih menjadi topik yang ditabukan disebagian masyarakat bangsa kita. padahal saat ini kita semua  tidak bisa menutup mata terhadap perkembangannya saat ini termasuk [mungkin] meningkatnya efek samping akibat kekurangpahaman soal seks termasuk peristiwa kehamilan di luar nikah,  perkosaan atau seks menyimpang yang dilakukan oleh anak dibawah umur, pandangan miring tentang status janda [tidak berlaku untuk status duda] dan lainnya. hal pentabuan ini sudah saatnya diberantas dan dihadapi sehingga tercipta penyelesaian masalah yang lebih baik dikemudian hari. jadikan topik seks sebagai masalah yang bisa diobrolkan dengan baik antara orang tua dan anak-anaknya, antara guru dan murid-muridnya. berikan pemahaman yang  jernih soal seks [soal prokreasi, jenis kelamin, penyakit menular  dan lainnya] sehingga tercipta atmosfir non-kotor soal seks seperti yang terjadi selama ini [seks cenderung diklasifikasikan sebagai "kotor"?] karena toh peristiwa prokreasi lainnya itu alami terjadi di tubuh manusia dan semua orang tua yang memiliki anak juga melakukannya sebelum si anak terbentuk.
kalau diskusi soal seks berjalan dengan baik antara orang tua dan anaknya [dilandasi asas moralitas dan agama bagi yang beragama] si anak tentu juga tidak akan mencari tahu dengan mencoba-coba sendiri yang bisa menimbulkan masalah baru karena ketidaktahuannya soal ini. berapa banyak remaja yang salah mengerti bahkan soal ciuman sekalipun? apa lagi soal lanjutan lainnya seperti pengertian gay dan lainnya [saat ini gay dalam term psikologi sudah bukan termasuk penyimpangan lho, do you know that?]
pada tingkat lanjut, mungkin saat ini kita juga tidak bisa menutup diri kepada adanya perilaku seks bebas yang meningkat karena terlanjur kurang paham dan terlanjur mencoba-coba sendiri tadi akibat sistem masyarakat yang kaku dan frigid terhadap topik ini. salah satu tindakan yang bisa dilakukan masyarakat adalah juga melakukan sosialisasi alat kb, pengetahuan tentang penyakit menular kelamin pada kalangan remaja dan akibat yang ditimbulkan peristiwa hamil di luar nikah itu sendiri.
[contoh ekstrim: orang tua mengingatkan untuk- nak, jangan lupa bawa kondom ya. atau kesadaran remaja putri yang aktif secara seksual untuk menggunakan spiral, pil kb atau morning after pills. kita nggak bisa menutup diri lagi sih sekarang, sok terlalu fokus pada pencegahan melulu via moral dan agama yang pada prakteknya seringkali tertutup nafsu itu. udah saatnya pencegahan nyata dilakukan dan kenapa nggak?]
hamil di luar nikah yang terjadi pada remaja di indonesia yang pemerintahnya tidak peduli dan masyarakatnya belum tergerak secara signifikan dlam masalah ini, akan  menimbulkan hal-hal yang lebih besar dikemudian hari secara kemasyarakatan. hal masa depan inilah yang juga yang harus disadari oleh semua orang selain hal lainnya yang terjadi secara instan misalnya malu terhadap teman dan lingkungan karena perut membesar tak bisa ditutupi. bayi yang dilahirkan oleh orang tua muda sama beresikonya dengan bayi pada orang tua diatas 35 tahun. namun, sementara orang tua diatas 35 tahun rata-rata sudah jauh lebih mapan dibanding orang tua remaja, bayi yang dilahirkan orang tua muda akan menghadapi ketidak stabilan emosi dan ekonomi orang tuanya [apalagi jika ibu tunggal muda] sehingga perkembangannya sedikit banyak akan terganggu oleh hal tersebut. apalagi jika hal ini terjadi di keluarga kurang mampu dan atau mampu tetapi menolak anak yang hamil diluar nikah tersebut.
penolakan keluarga akan memperparah terjadinya mutu rendah bayi yang dilahirkan sehingga jika terjadi peristiwa ini keluarga menjadi pegangan utama si calon ibu muda karena di banyak peristiwa bapak muda kabur entah ke mana.
sudah saatnya kita sadar bahwa perilaku seks saat ini sangat jauh berbeda dengan 10-20 tahun lalu. dan bukan hanya remaja putri yang menjadi sasaran kampanye ini karena dampak nyata pada tubuh mereka tapi juga remaja putra yang bisa kabur itu. sama saja, mereka semua harus sadar dan tahu, punya tanggung jawab menciptakan masyarakat masa depan yang baik kaena setiap peristiwa saling sambung menyambung dan berhubungan. misalnya nih: saat di masa depan si remaja putra yang kabur sudah menikah dan punya anak ternyata anaknya pacaran dengan anak diluar nikahnya masa lalu kayak cerita sinetron...nah? semua sambung menyambung di hidup ini dan sebaiknya kita semua sadar akan hal itu.
just get real people, think the future!
^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar