KISI-KISI
SOAL KEGIATAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Nama sekolah : SMA ............
Mata Pelajaran : Pendidikan Agaama Islam
Kelas/Semester : X/Genap
Nama Penyusun : Miftahuddin
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Jenis Soal
|
No. Soal
|
1.
|
7.
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
|
7.1.Membaca
QS. Ali Imran: 159
|
§ Mampu membaca QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38 dengan baik
dan benar
|
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Ditampilkan potongan QS. Ali Imran:159, siswa mampu membaca
dengan baik dan benar melalui praktek
|
PG
|
4
|
Ditampilkan potongan QS. Asy-Syura:38 , siswa mampu membaca
dengan baik dan benar melalui praktek
|
PG
|
5
|
|||||
§ Mampu mengidentifikasi tajwid QS. Ali Imran: 159
|
Ditampilkan potongan QS. Ali Imran:159, siswa mampu mengidentifikasi bacaan tajwid
dengan baik dan benar melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
6
|
||||
§ Mampu mengidentifikasi tajwid QS. Ali Imran: 159
|
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Ditampilkan potongan QS. Asy-Syura:38, siswa mampu mengidentifikasi bacaan tajwid
dengan baik dan benar melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
7
|
|||
7.2.Menyebutkan
arti QS. Ali Imran:159
|
§ Mampu menyebutkan arti QS. Ali Imran:159
|
Ditampilkan potongan QS. Ali Imran:159, siswa mampu mengartikan
per kata dengan baik dan benar melalui diskusi
|
PG
|
8
|
|||
Ditampilkan potongan QS. Asy-Syura:38, siswa mampu mengartikan
dengan baik dan benar melalui diskusi
|
PG
|
9
|
|||||
§ Mampu menyimpulkan isi kandungan QS.Ali Imran:159 dan QS.
Asy-Syura:38
|
Siswa mampu menjelaskan isi kandungan QS. Ali Imran:159 dengan
baik dan benar melalui ceramah di depan kelas
|
PG
|
10
|
||||
Siswa mampu menjelaskan isi kandungan QS. Asy-Syura: 38 dengan
baik dan benar melalui ceramah di depan kelas
|
PG
|
11
|
|||||
§ Mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai
dengan QS. Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38
|
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis
sesuai dengan QS. Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38 dengan baik dan benar
melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
1
|
|||
7.3.Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS. Ali Imran:159 dan QS.
Asy-Syura:38 dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Mampu menunjukkan perilaku orang yang demokratis seperti yang
terkandung dalam QS. Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Siswa mampu menunjukkan perilaku orang yang demokratis seperti
yang terkandung dalam QS. Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38 dengan baik dan
benar melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
2
|
|||
§ Mampu menunjukkan perilaku demokratis dalam kehidupan
bermasyarakat
|
Siswa mampu menunjukkan perilaku demokratis dalam kehidupan
bermasyarakat dengan baik dan benar melalui diskusi dengan teman
|
PG
|
3
|
NASKAH
SOAL
1.
Yang
termasuk ciri-ciri orang yang demokratis adalah .........
A.
Berlaku
kasar terhadap sesama
B.
Berlaku
sewenang-wenang
C.
Mementingkan
kepentingan pribadi di atas kepentingan umum
D.
Memohon
ampun
E.
Putus
asa
2.
Sikap
dan perilaku yang mencerminkan demokratis berikut ini yang benar adalah
..........
A.
Selalu
mendengarkan orang lain yang sedang berbicara saat mendapat giliran
B.
Memotong
pembicaraan orang lain
C.
Menanggapi
kritikan dengan rasa emosi
D.
Tidak
mau menerima kritik dan saran dari orang lain
E.
Mau
menang sendiri
3.
Contoh
perilaku demorstasi dalam kehidupan bermasyarakat adalah .................
A.
Menyelesaikan
perelisihan dengan kekerasan
B.
Tidak
mau menerima kesalahan atau kekalahan secara dewasa dan ikhlas
C.
Memiliki kejujuran dan integritas
D.
Menjamin
tegaknya kerusuhan
E.
Menyelesaikan
pergantian pemimpin secara kekerasan
4.
(a) وأقاموا الصلاة (d) وأمرهم شورى
(b) ومما رزقناهم (e) والذين استجابوا
لربهم
(c) بينهم (f) ينفقون
Urutan yang benar dari susunan ayat di atas adalah ...........
A.
e-a-d-c-b-f D. d-a-b-c-e-f
B.
b-c-d-f-e-a E. a-b-f-c-d-e
C.
e-f-a-b-d-c
5.
فَإذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ
Contoh bacaan
yang benar pada ayat di atas adalah .............
A.
Faidzaa
‘azzamta fatawakkal ‘alallahi
B.
Faidzaa
‘azamta fatawakkal ‘alallaahi
C.
Faidzaa
‘azamta fatawakkalu ‘alallaahi
D.
Faidzaa
‘azamta fatawakkala ‘alallaahi
E.
Faidza
‘azamta fatawakal alalahi
رزقناهم ينفقون
6.
Kandungan
bacaan tajwid pada potongan ayat di atas adalah .........
A.
Alif
lam syamsiyah dan qolqolah
B.
Qolqolah
kubro dan mad aridl li sukun
C.
Al-qamariyah
D.
Ikhfa’
dan al-qamariyah
E.
Al-qamariyah
dan mad aridl li sukun
7.
Pada
lafadz لِنْتَ لَهُمْ mengandung
bacaan ..............
A.
Idhar Halqi D.
Iqlab
B.
Idgham Bi Ghunnah E.
Ikhfa’ Haqiqi
C.
Idgham Bila Ghunnah
8.
Lafadz
فَتَوَكَّلْ mempunyai arti .................
A.
Bersikap
keras
B.
Berhati
kasar
C.
Maka
bertawakkallah
D.
Orang
yang bertawakkal
E.
Lemah
lembut
9.
“Dan
bagi orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhan ..” merupakan arti dari ayat ................
A.
والذين استجابوا
لربهم D. ومما رزقناهم ينفقون
B.
وأقاموا الصلاة E. وشاورهم في الأمر
C.
وأمرهم شورى بينهم
10.
وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ
Kutipan ayat di
atas menjelaskan tentang .........
A.
Perintah
untuk bersikap terbuka dalam menyelesaikan masalah
B.
Setelah
keputusan musyawarah disepakati diharuskan untuk bertawakkal
C.
Perintah
untuk saling memaafkan ketika bermusyawarah
D.
Hendaknya
segera beristighfar ketika keputusan musyawarah keliru
E.
Perintah
untuk bersikap lemah lembut dalam musyawarah
والذين استجابوا لربهم وأقاموا
الصلاة وأمرهم شورى بينهم ومما رزقناهم ينفقون
11.
Kandungan
ayat di atas adalah .........................
A. Musyawarah hendaknya dilakukan dengan tata cara yang baik
B. Berdakwah harus sesuai dengan akhlak yang baik
C. Kedudukan musyawarah sebanding dengan ibadah shalat dan zakat
D. Musyawarah harus dilakukan dengan baik
E. Bertawakkal setelah berhasil mengambil keputusan
KUNCI
JAWAABAN
1.
D
2.
A
3.
C
4.
C
5.
B
6.
B
7.
E
8.
C
9.
A
10.
A
11.
C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar