Rabu, 02 April 2014

OUT LINE MATA KULIAH TELAAH MATERI PAI




IDENTITAS DAN PENGESAHAN
OUT LINE MATA KULIAH
­­­­­­­­­­


1. a. Mata Kuliah                    : Telaah Materi PAI
    b. Jurusan                            : Tarbiyah Staibu
    c. Kode Mata Kuliah          : KI
 d. Bobot SKS                     : 2 
 e. Prodi                                : Kependidikan Islam
 f. Semester                          : IV
           
2. a.  Nama                               :  Fatimatus Zahrah, M.PdI
 b.  NIP                                 : 
 c. Tanggal Lahir                  :  07 April 1986
 d. Jenis Kelamin                  :  Perempuan
 e. Alamat                             :  Tempeh Lumajang








Lumajang, 04 Maret  2014
Mengetahui                                                                 Perancang,
A.n. Ketua Staibu
Ketua Jurusan Tarbiyah ,



Moh Sutomo, M.Pd                                                   Fatimatus Zahrah, M.PdI
NIP.                                                                             NIP.







KATA PENGANTAR



Alhamdulillah, rasa syukur kami persembahkan kehadirat Ilahi Robbi (Allah SWT), yang telah memberikan Rahmat, Hidayah dan Inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tanpa ada hambatan suatu apapun. Sholawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Rosulullah Muhammad SAW. teladan utama bagi umat manusia dan sebagai Rahmatan Lil ‘alaamin
Terselesaikannya out line mata kuliah telaah materi PAI ini berkat bantuan dari berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Tanpa bantuan tersebut, kemungkinan tidak dapat kami buat dengan baik.
Semoga amal baik tersebut tergolong amal sholeh dan akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Kami yakin out line  ini masih banyak kekurangan disana-sini, karenanya kritik, saran dan masukan sangat kami harapkan  dari semua pihak.
Harapan kami, semoga sekecil apapun out line ini akan dapat memberikan manfaat, khususnya bagi pengembangan pendidikan  yang ada di STAIBU Krai Yosowilangun Lumajang mendatang.




Lumajang, 04 Maret 2014
Perancang,



Fatimatus Zahrah M.PdI
NIP.














Out Line Pembelajaran
MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN


Identitas Mata Kuliah

Mata Kuliah                : Telaah Materi PAI
Kode Mata Kuliah      : KI 323
Semester                      : IV
Bobot SKS                  :  3
Dosen/ Asisten Dosen : Fatimatus Zahrah, M.PdI
Jurusan                        : Tarbiyah STAIBU
Program studi              : Manajemen Pendidikan Islam
Sistem Penilaian         : Hasil belajar mahasiswa ditunjukkan oleh nilai dalam skala A, B,C,D, dan E. Nilai C (60) ditetapkan sebagai nilai batas lulus
Keterangan                  : Waktu tatap muka, yaitu 1 kali= 3X45 menit


Deskripsi Mata Kuliah
            Telaah Materi Pembelajaran Agama Islam dikembangkan pada mahasiswa program studi pendidikan agama islam (calon guru agama islam) agar mereka terbekali kemampuan menyampaikan pada peserta didiknya ditingkat menengah pertama dan atau tingkat menengah atas.
            Telaah matei pendidikan agama islam dapat diartikan sebagai pola pengkajian secara mendalam tentang pokok – pokok persoalan dan atau bahan pendidikan agama islam pembelajaran agama islam agar memiliki kompetensi analisis dan telaah serta mendesain pola sistem modul tentang pendidikan agama islam dan atau pembelajaran agama islam itu sendiri.

Kompetensi Dasar
Mahasiswa :
1.      Menjelaskan pengertian  pendidikan agama islam.
2.      Menjelaskan pengertian telaah materi PAI dan manfaatnya.
3.      Menguraikan materi pendidikan agama islam yang ada di SMP maupun SMA.
4.      Mengorganisasikan Materi PAI
5.      Memberikan contoh materi PAI

Indikator Kompetensi
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu untuk
1.      Menjelaskan pengertian PAI
2.      Menerangkan fungsi PAI
3.      Menerangkan ruang lingkup materi PAI
4.      Menjelaskan  pembelajaran agama islam
5.      Menerangkan pengertian telaah materi PAI
6.      Menerangkan landasan telaah materi PAI
7.      Mampu mengevaluasi materi PAI

Strategi Pembelajaran
Secara umum kegiatan pembelajaran mata kuliah pengembangan telaah materi PAI menggunakan strategi belajar aktif, dimana mahasiswa tidak semata-mata menjadi obyek, melainkan secara aktif terlibat dalam pembelajaran bersama-sama dosen.
Setiap tatap muka, hanya sebagaian waktu  yang digunakan untuk ceramah materi kuliah, sementara sebagian lainnya digunakan untuk melakukan pendalaman  materi baik melalui diskusi berpasangan, diskusi kelompok kecil, strategi lain berupa penugasan kelompok untuk meresume bacaan atau teks .


Evaluasi.

Evaluasi dilakukan untuk mengukur kemampuan penguasaan mahasiswa  terhadap mata kuliah telaah materi PAI dengan melalui (1) partisipasi dalam kegiatan pembelajaran 10 %, (2)ujian  tengah semester  20%, (3) ujian akhir semester 40%,   (4) penugasan 30 %. Evaluasi ini didasarkan atas volume yang terjabarkan  dalam kewajiban mahasiswa


Kewajiban Mahasiswa

Kewajiban mahasiswa untuk bisa mengikuti kuliah dan mendapatkan haknya (nilai) tertuang dalam kontrak belajar melalui musyawarah.
1. Etika
Kedisiplinan: tidak diperkenankan masuk mengikuti pembelajaran  apabila terlambat lebih dari 15 menit dan dianggap alpha, apabila sakit harus menunjukkan surat keterangan dari dokter
Ketertiban: Tidak diperkenankan mengaktifkan ponsel selama mengikuti kuliah
Kerapian: Tidak diperkenankan memakai segala jenis pakaian baik jeans atau yang lain (ketat), kaos oblong, sandal, bermake up yang berlebihan
2.Tugas  (1) partisipasi dalam kegiatan pembelajaran, (2)tes tengah semester, (3)tes akhir semester, (4)menyajikan materi di depan kelas dengan membuat transparansi, dan (5) membuat makalah Individu dan/ kelompok.

Materi Pembahasan
1. Pengertian telaah materi PAI
2.  Manfaat dan fungsi telaah materi PAI
3. Ruang lingkup materi PAI
4. Tujuan Telaah materi PAI
5.   Evaluasi telaah materi PAI
Refrensi/ Rujukan
  1. Azhar Arsyad,  Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada : Jakarta, 2002
  2. Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Pustaka Firdaus : Jakarta, 1997
3.      Majid dan Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, PT. Remaja Rosdakarya : Bandung, 2005
4.      Hasbullah, Dasar – dasar Ilmu Pendidikan , PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2006












Tidak ada komentar:

Posting Komentar