KISI-KISI
SOAL KEGIATAN TENGAH SEMESTER GENAP
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Nama sekolah : SMA ............
Mata Pelajaran : Pendidikan Agaama Islam
Kelas/Semester : X/Genap
Nama Penyusun : Jefri Irawan Susianto
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Jenis Soal
|
No. Soal
|
1.
|
7.
Memahami
ayat-ayat Al-Qur’an tentang demokrasi
|
7.1.Membaca
QS. Ali Imran: 159
|
·
Mampu membaca
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38 dengan baik dan benar
|
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Ditampilkan potongan QS. Ali Imran:159, siswa mampu membaca
dengan baik dan benar melalui praktek
|
PG
|
1
|
Ditampilkan potongan QS. Asy-Syura:38 , siswa mampu membaca
dengan baik dan benar melalui praktek
|
PG
|
2
|
|||||
·
Mampu
mengidentifikasi tajwid QS. Ali Imran: 159
|
Ditampilkan potongan QS. Ali Imran:159, siswa mampu mengidentifikasi bacaan tajwid
dengan baik dan benar melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
3
|
||||
|
|
·
Mampu
mengidentifikasi tajwid QS. Ali Imran: 159
|
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Ditampilkan potongan QS. Asy-Syura:38, siswa mampu mengidentifikasi bacaan tajwid
dengan baik dan benar melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
4
|
|
7.2.Menyebutkan
arti QS. Ali Imran:159
|
·
Mampu
menyebutkan arti QS. Ali Imran:159
|
Ditampilkan potongan QS. Ali Imran:159, siswa mampu mengartikan
per kata dengan baik dan benar melalui diskusi
|
PG
|
5
|
|||
Ditampilkan potongan QS. Asy-Syura:38, siswa mampu mengartikan
dengan baik dan benar melalui diskusi
|
PG
|
6
|
|||||
·
Mampu
menyimpulkan isi kandungan QS.Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Siswa mampu menjelaskan isi kandungan QS. Ali Imran:159 dengan
baik dan benar melalui ceramah di depan kelas
|
PG
|
7
|
||||
Siswa mampu menjelaskan isi kandungan QS. Asy-Syura: 38 dengan
baik dan benar melalui ceramah di depan kelas
|
PG
|
8
|
|||||
|
|
·
Mampu
mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis sesuai dengan QS. Ali
Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38
|
QS. Ali Imran: 159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri orang yang demokratis
sesuai dengan QS. Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38 dengan baik dan benar
melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
9
|
|
7.3.Menampilkan
perilaku hidup demokratis seperti terkandung dalam QS. Ali Imran:159 dan QS.
Asy-Syura:38 dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mampu
menunjukkan perilaku orang yang demokratis seperti yang terkandung dalam QS.
Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38
|
Siswa mampu menunjukkan perilaku orang yang demokratis seperti
yang terkandung dalam QS. Ali Imran:159 dan QS. Asy-Syura:38 dengan baik dan
benar melalui tanya jawab dengan teman
|
PG
|
10
|
|||
·
Mampu
menunjukkan perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat
|
Siswa mampu menunjukkan perilaku demokratis dalam kehidupan
bermasyarakat dengan baik dan benar melalui diskusi dengan teman
|
PG
|
11
|
NASKAH
SOAL
1.
فَإذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ
Contoh bacaan
yang benar pada ayat di atas adalah .............
A.
Faidzaa
‘azzamta fatawakkal ‘alallahi
B.
Faidzaa
‘azamta fatawakkal ‘alallaahi
C.
Faidzaa
‘azamta fatawakkalu ‘alallaahi
D.
Faidzaa
‘azamta fatawakkala ‘alallaahi
E.
Faidza
‘azamta fatawakal alalahi
2.
Kata
اِسْتَغْفِرْ cara membacanya yang benar
adalah ..............
A.
Istaghfira C. Istaghfiru E.
Astaghfir
B.
Istaghfiri D. Istaghfir
3.
Pada
lafadz لِنْتَ لَهُمْ mengandung
bacaan ..............
A.
Idhar Halqi D. Iqlab
B.
Idgham Bi Ghunnah E. Ikhfa’ Haqiqi
C.
Idgham Bila Ghunnah
4.
Pada lafadz وَأَمْرُهُمْ terdapat bacaan ........
A.
Nun Sukun dan Tanwin D. Lam Ta’rif
B.
Mim Sukun E. Qalqalah
C.
Nun dan Mim bertasydid
5.
Lafadz
فَتَوَكَّلْ mempunyai arti .................
A.
Bersikap
keras
B.
Berhati
kasar
C.
Maka
bertawakkallah
D.
Orang
yang bertawakkal
E.
Lemah
lembut
6.
Sedangkan
lafadz yang mempunyai arti “Dengan bermusyawarah” berikut ini yang benar
adalah .............
A.
اسْتَجَابُوا C. وَأَمْرُهُمْ E. يُنْفِقُونَ
B.
وَأَقَامُوا الصَّلاةَ D. شُورَى
7.
وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ
Kutipan ayat di
atas menjelaskan tentang .........
A.
Perintah
untuk bersikap terbuka dalam menyelesaikan masalah
B.
Setelah
keputusan musyawarah disepakati diharuskan untuk bertawakkal
C.
Perintah
untuk saling memaafkan ketika bermusyawarah
D.
Hendaknya
segera beristighfar ketika keputusan musyawarah keliru
E.
Perintah
untuk bersikap lemah lembut dalam musyawarah
8.
وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ
وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
Kandungan ayat
di atas adalah .........................
A. Musyawarah hendaknya dilakukan dengan tata cara yang baik
B. Berdakwah harus sesuai dengan akhlak yang baik
C. Kedudukan musyawarah sebanding dengan ibadah shalat dan zakat
D. Musyawarah harus dilakukan dengan baik
E. Bertawakkal setelah berhasil mengambil keputusan
9.
Yang
termasuk ciri-ciri orang yang demokratis adalah .........
A.
Berlaku
kasar terhadap sesama
B.
Berlaku
sewenang-wenang
C.
Mementingkan
kepentingan pribadi di atas kepentingan umum
D.
Memohon
ampun
E.
Putus
asa
10.
Sikap
dan perilaku yang mencerminkan demokratis berikut ini yang benar adalah
..........
A.
Selalu
mendengarkan orang lain yang sedang berbicara saat mendapat giliran
B.
Memotong
pembicaraan orang lain
C.
Menanggapi
kritikan dengan rasa emosi
D.
Tidak
mau menerima kritik dan saran dari orang lain
E.
Mau
menang sendiri
11.
Contoh
perilaku demorstasi dalam kehidupan bermasyarakat adalah .................
A.
Menyelesaikan
perelisihan dengan kekerasan
B.
Tidak
mau menerima kesalahan atau kekalahan secara dewasa dan ikhlas
C. Memiliki
kejujuran dan integritas
D.
Menjamin
tegaknya kerusuhan
E.
Menyelesaikan
pergantian pemimpin secara kekerasan
KUNCI
JAWAABAN
1.
B
2.
D
3.
E
4.
B
5.
C
6.
D
7.
C
8.
C
9.
D
10.
A
11.
B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar